Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menambahkan Rp Atau Rupiah Pada Sebuah Nilai Uang Secara Otomatis di Excel

Bekerja dengan menggunakan angka-angka memang excel adalah jagonya. Terutama ketika melakukan suatu penghitungan angka dengan menggunakan suatu rumus tertentu, maka dalam hal ini user sangat terbantu sekali. User mendapatkan banyak kemudahan dengan menggunakan program excel. Penghitungan angka yang rumit dapat dilakukan dengan mudah dan akurat. Termasuk salah satunya melakukan penghitungan yang berkaitan dengan nominal uang.

Dalam melakukan penghitungan nominal uang ini, data hasil penghitungan akan menjadi lebih mudah dalam pembacaan jika nominal uang tersebut diberi satuan, misalnya Dollar Amerika ($), euro, Yen, bahkan termasuk satuan mata uang Indonesia yaitu Rupiah (Rp). De ngan memberikan satuan mata uang dalam penulisan data di ms excel, maka data akan lebih enak dipahami oleh pembaca.

Dalam memberikan satuan mata uang tersebut diatas, anda tidak diperkenankan melakukannya secara manual, misalnya anda ketik Rp. 50.000,00. Jika anda ketik secara manual, maka angka atau nominal uang tersebut tidak bisa dipergunakan dalam rumus-rumus tertentu, misalnya saja rumus penjumlahan, atau perkalian dan lainsebagainya. Jika tetap anda pergunakan dengan menggunakan sebuah rumus, maka hasilnya tidak akan bisa dibaca =name? atau lainnya. Agar data angka tetap terdapat satuan mata uang Rupiahnya secara otomatis dan angka tersebut tetap bisa dipergunakan dalam rumus-rumus tertentu, maka anda harus mengaturnya terlebih dahulu.

Untuk mengatur agar mata uang rupiah secara otomatis tertulis di sel ms excel, ikutilah langkah-langkah berikut ini :

  1. Sebagai langkah awal, anda bisa mengetikkan terlebih dahulu angka-angkanya baru kemudian menyeleksi atau memblok sel yang berisikan angka-angka tersebut atau menyeleksi / memblok sel yang akan diketik angka-angka uang tersebut baru kemudian mengetik angka-angkanya. Silahkan saja pilih kesukaan anda.
  2. Seteleh anda blok / seleksi sel yang akan atau telah diketik angkanya, tekan combinasi tombol Ctrl + 1 untuk membuka jendela Format Cells
  3. Pada tab Number pilih category Accounting.
  4. Pada panel sebelah kanan klik tombol dropdown pada symbol kemudian scroll kebawah dan pilih Rp Indonesian.

    memberi mata uang secara otomatis di excel
  5. Anda bisa juga mengatur decimal places atau jumlah digit angka dibelakang koma, secara default berisi angka 2.
  6. Klik OK

Sekarang data anda telah secara otomatis terdapat satuan mata uang Rupiah. Dan jika anda jumlah atau dimasukkan kedalam sebuah rumus, maka akan berjalan dengan baik.

memberi mata uang secara otomatis di excel

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan Rp Atau Rupiah Pada Sebuah Nilai Uang Secara Otomatis di Excel"